BINGUNG TRAVELING KE PEKANBARU? INI TEMPAT-TEMPAT YANG BISA MENJADI REFERENSI BUAT KAMU! - zackamega.com

Selasa, 28 Agustus 2018

Traveling ke Pekanbaru
Bingung dengan liburan kali ini, akhirnya saya memutuskan untuk pergi mengunjungi Kota Pekanbaru. Sebenarnya kota ini tidak pernah masuk dalam list kota yang akan saya kunjungi di daftar list buku traveling yang saya miliki. Apa lagi mendengar beberapa ucapan dari teman-teman yang pernah ke Pekanbaru sebelumnya “Akh, Pekanbaru itu gak ada apa-apanya, ngapain kamu ke Pekanbaru? Sudahlah main ke tempat lain saja, masih banyak kok tempat-tempat bagus di Indonesia ini!”

Stop!! Berhentilah mendengarkan kata-kata temanmu. Mencari referensi boleh, tapi rubahlah pola pikirmu. Bukankah setiap orang mempunyai selera yang berbeda-beda? Begitu juga dengan selera traveling. Traveling itu bukan hanya mengunjungi tempat-tempat yang alamnya indah saja. Menyatu dengan budaya lokal itu asik, menikmati kuliner di suatu tempat baru itu enak. Nikmatilah setiap perjalananmu. Maka kita akan mendapatkan sesuatu yang belum kita jumpai di tempat lain sebelumnya.

Berbekal dengan pemikiran itu akhirnya saya berangkat menuju Pekanbaru. Ini adalah pengalaman pertama saya mengunjungi kota ini. Kesan pertama saya pada saat sampai di Kota Pekanbaru adalah bersih, ya kota ini lumayan bersih, tata kotanya juga indah.

3 hari berada di Pekanbaru saya akan menceritakan perjalanan saya dan mengunjungi tempat-tempat mana saja selama saya berada di kota ini.

Berikut adalah tempat-tempat yang saya kunjungi selama berada di Pekanbaru.

1. Menikmati Sunset di Masjid An Nur Pekanbaru

Masjid An Nur Pekanbaru
Saya sampai di Pekanbaru pukul 3 (tiga) sore. Sesampainya di Pekanbaru hal yang pertama yang saya lakukan adalah menghubungi Pak Samosir. Beliau adalah orang yang akan menyewakan motornya kepada saya selama saya berada di kota ini. Saya memutuskan menyewa sepeda motor selama saya berada di Pekanbaru agar saya lebih bebas mengelilingi Kota Pekanbaru tanpa harus merepotkan orang lain. Lagi pula biaya penyewaan motor di kota ini tidaklah begitu mahal. Hanya 130ribu rupiah kita bisa menggunakan motor selama 24 jam.
Pak Samosir sedikit lamban waktu itu, saya harus menunggunya di salah satu restoran cepat saji yang ada di BandaraSultan Syarif Kasim II.

Sembari memesan makanan yang ada di Bandara Sultan Syarif Kasim II, saya mengotak atik keypad handphone berkomunikasi dengan Pak Samosir. Satu jam berlalu akhirnya saya berjumpa juga dengan Pak Samosir. Ternyata penyewaan motor di Pekanbaru tidak boleh serah terima motor di dalam Bandara Sultan Syarif Kasim II. Hal ini dikarenakan agar mereka tidak bentrok dengan Taxi pangkalan yang ada di bandara. Jadi saya harus berjalan menuju gerbang masuk bandara beberapa meter dan selanjutnya barulah saya bisa bertemu dengan Pak Samosir.

Selesai persyaratan administrasi dan membayar uang sewa dimuka, akhirnya saya bisa melaju mengendarai sepeda motor ke Jalan Raya Pekanbaru. Tempat pertama yang saya kunjungi di Pekanbaru adalah Masjid An Nur. Mendengar cerita dan melihat gambar di Instagram masjid ini sangat indah. Apalagi kalau sore hari, kita bisa melihat sunset yang perlahan tenggelam dari celah-celah kubah masjid yang indah.

Masjid An Nur Pekanbaru
Masjid An Nur adalah masjid terbesar yang ada di Pekanbaru. Masjid ini terletak di pusat kota ini. Struktur masjid ini menurut saya seperti istana di film Aladdin. Kubahnya sangat besar, sangat menarik di mata saya. Banyak yang menyamakan masjid ini dengan bentuk TajMahal yang ada di India. Mungkin melihat kolam dan empat menaranya yang indah, sehingga sekilas masjid ini memang sedikit menyerupai bangunan bersejarah Taj Mahal.

Selain fungsi utamanya sebagai tempat beribadah umat Muslim, di halaman masjid banyak aktivitas yang bisa dilakukan menjelang sore hari.Menikmati sore hari di kawasan masjid paling indah di Pekanbaru ini memang sangat asik. Ada yang jogging, bermain bola ataupun duduk manis sembari menikmati matahari tenggelam hingga menunggu azan magrib berkumandang.

2. Makan Malam di Mal SKA Pekanbaru

Mal SKA Pekanbaru
Puas dengan keindahan Masjid An Nur di sore hari, Saya melanjutkan perjalanan ke Mal paling besar di kota ini. Namanya Mal SKA. Mal ini terletak di Jalan Tuanku Tambusai Pekanbaru.Sesampainya di mal ini perut saya pun sudah mulai mengeluarkan tanda-tanda kelaparan. Selesai mengelilingi beberapa tempat yang ada di Mal SKA ini, selera saya jatuh di Pepper Lunch salah satu restoran masakan Jepang yang ada mal ini.

Mencoba salah satu menu di Pepper Lunch

3. Wisata ke Siak Sri Indrapura

Istana Siak Sri Indrapura
Keesokan harinya saya memutuskan untuk berwisata ke Siak Sri Indrapura. Siak adalah salah satu kabupaten yang ada di Pekanbaru. Kabupaten Siak berjarak kurang lebih 100 km dari pusat Kota Pekanbaru. Dengan jarak kurang lebih 100 km Siak-Pekanbaru bisa ditempuh dalam waktu tempuh sekitar 2 jam mengunakan sepeda motor atau mobil.

Saya menuju Siak pukul 8.30 pagi. Berbekal aplikasi Google Maps akhirnya saya melaju menelusuri jalan raya Pekanbaru menuju Siak.Ada kesalahan di aplikasi google maps di handphone saya kali itu. Ternyata jalur menuju Siak belum ter-update sepenuhnya, sehingga saya harus memutar tujuan karena jalan pintas ke Siak sudah tertutup portal. Saya sempatkan menanyakan perihal kenapa rute ini ditutup portal kepada salah satu petugas yang berjaga tidak jauh dari lokasi. Setelah bertanya akhirnya saya mengetahui perihal tutupnya jalur ini, ternyata jalan ini sudah ditutup beberapa bulan lalu oleh pihak pabrik pemilik lahan, mereka tidak membolehkan melintasi jalan ini lagi karena memasuki kawasan mereka.

Sedikit kecewa saya pun melanjutkan perjalanan menuju Siak. Saya sampai di Siak Sri Indrapura pukul 11.00 siang.  Hal ini dikarenakan karena saya harus berbelok kembali mengikuti rute lama. Jalan menuju Siak masih tergolong baik, hanya saja kita harus tetap berhati hati karena rutenya yang berlika-liku terhadap kendaraan besar yang berlawanan arah.
Memasuki Kabupaten Siak, saya terkagum-kagum dengan tata taman-taman jalannya yang rapi, bersih dan jauh dari kata kotor. Ditambah lagi Jembatan Siak yang terlihat megah dan indah. Hal ini membuat saya berhenti sejenak dan mengabadikannya dengan kamera.

Berkunjung ke Kabupaten Siak bisa jadi alternatif kita bila berkunjung ke Pekanbaru. Karena kota ini sangat bersejarah dan masih terjaga sampai saat ini. Seperti masjid dan barang barang peninggalan raja raja dahulu yang masih terawat dengan baik.

Bila ke Siak jangan lupa mengunjungi istana paling fenomenal di Pekanbaru bahkan di Indonesia. Ya, Istana Siak, istana ini masih berdiri kokoh sejak dibangun pada tahun 1889 pada masa pemerintahan Sultan Syarif Hasyim. Di dalam istana, kita bisa melihat kemegahan Kerajaan Siak pada masanya. Di sini kita juga bisa mendengar langsung cerita sejarah Kerajaan Siak termasuk silsilah sultan-sultannya yang masih berkaitan dengan Kesultanan Malaysia.

Jalan-jalan di sekitaran Istana Siak Sri Indrapura
Penat mengelilingi keindahan Istana Siak, saya mencoba menikmati jajanan serta oleh oleh yang dijual tidak jauh dari halaman Istana Siak. Ada dodol buah, martabak mesir, air tebu dan banyak lagi pilihan makanan yang bisa kita jumpai di sini. Saya mencoba dodol buah yang dijual di taman ini. Selesai memborong dodol dan menikmati beberapa jajanan dan makan siang di sekitaran Istana Siak. Perjalanan saya berlanjut menuju Kelenteng Hock Siu Kiong. Kelenteng Hock Siu Kiong merupakan kelenteng tertua yang ada di Kabupaten Siak. Usianya mencapai 140 tahun. Kelenteng ini terletak beberapa meter dari Istana Siak dan masuk dalam kawasan pecinaan atau bangunan merah Siak Sri Indrapura. Kelenteng ini sangat indah, warna merahnya membuat saya ingin berfoto beberapa kali di tempat ini. Sampai waktu mengantarkan saya ketempat berikutnya.

Kelenteng Hock Siu Kiong

4. Menikmati Malam Minggu di RTH Putri Kaca Mayang, dan Pasar Malam Pepaya

Lelah dengan perjalanan Pekanbaru - Siak saya tetap tidak mau ketinggalan malam mingguan di Kota Pekanbaru. Selesai beres-beres mandi dan rapi saya melanjutkan perjalanansaya  menuju RTH Putri Kaca Mayang dan berbelanja di Pasar Malam Pepaya.

Malam mingguan di RTH Putri Kaca Mayang seakan menyempurnakan malam mingguan saya di kota ini. Banyak hal yang bisa saya jumpai di sini. Selain berbelanja jajanan yang beraneka ragam, kita juga bisa menikmati permainan-permainan yang bisa kita coba di wilayah taman ini. Salah satunya yang sempat membuat saya terpancing adalah menangkap lele-lele di Tangguk Lele Zaman Now.

Kedengeran dari namanya saya memang sedikit menertawainya di dalam hati, tapi setelah melihat anak anak sangat tertarik dengan permainan ini saya pun terpancing untuk mencobanya. Sayang keinginan saya untuk mencoba permainan Lele Zaman Now dikalahkan dengan secorong es krim cokelat strawberry. Alhasil saya hanya menikmati secorong es krim cokelat strawberry sambil menikmati pemandangan malam di RTH Putri Kaca Mayang ini.

RTH Putri Kacang Mayang

Selesai mencoba beberapa jajanan yang ada di RTH Putri Kaca Mayang, saya melanjutkan perjalanan menuju pasar malam pepaya. Pasar Malam Pepaya ini tidak jauh berbeda dengan RTH Kacang Mayang. Hanya saja di Pasar Malam Pepaya ini lebih banyak menjual pakaian, sepatu, dan aksesoris dengan beraneka ragam.

Belanja di Pasar Malam Pepaya - Pekanbaru

5. Mengunjungi Danau Buatan Lembah Sari

Danau Buatan Lembah Sari - Pekanbaru
Hari ketiga di Pekanbaru saya melanjutkan perjalanan ke danau Buatan Lembah Sari Pekanbaru. Info Danau ini saya dapatkan setelah membaca beberapa tulisan mengenai Pekanbaru. Danau Buatan Lembah Sari terletak 10 km dari pusat Kota Pekanbaru. Untuk sampai ke danau buatan ini tidaklah sulit. Kita bisa mengendarai motor atau mobil sekitar 20 menit dari pusat kota.

Biaya masuk ke Danau Lembah Sari sebesar 20 ribu rupiah. Sayang, danau ini kini tidak begitu terawat lagi. Beberapa tempat yang saya kunjungi ditempat ini sangat kotor. Bahkan sangat banyak anjing yang berkeliaran di sekitar danau. Tak banyak yang bisa saya lakukan di sini saya pun memutuskan untuk pindah ketempat lain.

6. Belanja Oleh-oleh di Pasar Bawah Pekanbaru

Pasar Bawah - Pekanbaru
Kecewa dengan Danau Buatan Lembah Sari, saya melanjutkan perjalanan menuju pasar bawah Pekanbaru. Kabar yang saya terima di pasar ini banyak sekali dijualnya oleh-oleh yang bisa kita bawa pulang. Mendengar kabar itu saya sudah tidak sabar lagi ingin berbelanja oleh-oleh yang akan saya bawa pulang di sini.

Benar saja, banyak sekali yang bisa saya beli sebagai oleh-oleh di Pasar Bawah Pekanbaru ini. Ada gantungan kunci, berbagai macam kain songket khas Pekanbaru, keripik, dan beraneka makanan yang diolah dan dikemas sehingga menarik perhatian saya selama di Pasar Bawah ini.

Berbelanja Oleh-oleh di Pasar Bawah - Pekanbaru

7. Menikmati Suasana di Tempat Wisata Alam Mayang

Taman Wisata Alam Mayang - Pekanbaru
Selesai berbelanja oleh-oleh, saya melaju menuju destinasi terakhir wisata saya di Pekanbaru. Kali ini perjalanan saya menuju Tempat Wisata Alam Mayang Pekanbaru.

Wisata Alam Mayang ini sangat menarik. Lokasinya di tengah kota Pekanbaru dan sangat mudah ditemui. Di tempat ini juga banyak sekali wahana permainan yang bisa kita coba. Mulai dari kereta naga, sepeda air, bombom car, ATV,safari train dan banyak lagi.

Mencoba salah satu permainan di Taman Wisata Alam Mayang - Pekanbaru
Saya tidak luput mencoba salah satu wahana air yang ada di tempat ini. Selesai menghabiskan waktu dan mencoba beberapa wahana yang ada di Alam Mayang Pekanbaru. Saya memutuskan untuk pulang menuju bandara. Dan selanjutnya kembali ke Batam

Penginapan

Berbicara mengenai traveling, salah satu hal yang paling penting dalam traveling adalah penginapan. Begitu juga dengan perjalanan saya ke Pekanbaru kali ini. Saya akan mencari hotel jauh-jauh hari sebelum saya sampai di suatu tempat. Tentu saja hotel yang cari sesuai dengan kriteria dan kemampuan saya.

Setelah menyeleksi beberapa hotel yang ada di Pekanbaru, akhirnya pilihan saya jatuh kepada Amaris Hotel Pekanbaru sebagai penginapan saya selama di kota ini.

Hotel ini saya pesan melalui santika.com. kenapa saya memilih memesannya melalui santika.com? Karena santika.com selalu memberikan harga terbaik dibandingkan platform manapun. Kenapa saya memilih Amaris Hotel Pekanbaru ? Berikut sedikit ulasan saya mengenai Hotel ini.

1. Letaknya Strategis

Amaris Hotel Pekanbaru
Ini bukan kali pertama saya menginap di Amaris Hotel yang ada di Indonesia. Sebelumnya saya juga pernah menginap di Amaris Hotel yang ada di Batam. Menurut saya Amaris Hotel selalu dibangun di tempat tempat yang sangat strategis. Dekat dengan pusat perbelanjaan dan icon menarik di sebuah kota.Begitu juga dengan Amaris Hotel Pekanbaru ini. Lokasinya sangat dekat dengan masjid paling iconic di Pekanbaru. yaitu Masjid An Nur. Sehingga memudahkan saya untuk berkunjung ke masjid ini. Selain letaknya yang sangat dekat dengan Masjid An Nur, Amaris Hotel Pekanbaru ini juga sangat dekat dengan tempat tempat perbelanjaan. Jadi selama di hotel ini saya tidak perlu takut keluar pada malam hari. Karena di sekitar hotel masih ramai orang orang yang berjualan.

2. Kamarnya Bersih Dengan Desain Minimalis Yang Nyaman

Kamar Amaris Hotel Pekanbaru
Yang kedua kenapa saya memilih menginap di AmarisHotel Pekanbaru adalah kamarnya yang bersih. Desain kamarnya juga sangat cocok dengan selera saya. Tidak besar tapi tidak juga kecil. Semua perabotan tersusun dengan rapi. Setiap kamar di Amaris Hotel Pekanbaru berdesain interior minimalis.

Oh iya, jumlah kamar di Amaris hotel Pekanbaru lumayan banyak lo. Berjumlah 99 kamar. Dan ternyata hotel ini sudah berdiri sejak 2010 di Pekanbaru. Keren banget kan.

3. Sarapan dengan Menu 100 % Indonesia Banget

Biasanya saya sangat sulit menyesuaikan selera bila berpergian kemana-mana.Apa lagi menu yang disajikan hotel kadang tidak sesuai dengan lidah saya. Tapi ini tidak berlaku buat Amaris hotel Pekanbaru.Di Amaris Hotel Pekanbaru semua sarapan yang disajikan saya bisa melahapnya, asal kuat di perut saya saja untuk menampungnya.

Sarapan di Amaris Hotel Pekanbaru
Kenapa saya sangat senang dengan sarapan di Amaris Hotel Pekanbaru? Karena menu sarapannya yang disajikan Amaris Hotel Pekanbaru adalah 100 % Indonesia banget. Ada bubur ayam, nasi goreng, roti bakar, lontong medan dan banyak lagi menu-menu Indonesia yang disajikan di sini.

4. Mempunyai 4 Ruang Pertemuan

Biasanya buat seorang traveling info ruang pertemuan tidaklah begitu penting. Namun karena keisengan saya menanyakan beberapa pertanyaan ke resepsionisapa salahnya kalau saya juga memasuki informasi ini kedalam tulisan saya supaya pembaca tahu bahwa Amaris Hotel Pekanbaru ini juga mempunyai 4 ruang pertemuan. Jadi jika teman teman yang ada di Pekanbaru mau melakukan meeting atau pertemuan lainya bisa di coba ruang pertemuan di Amaris Hotel Pekanbaru ini.

Oh iya, Amaris Hotel Pekanbaru juga menyediakan free drop and pick up buat tamu yang datang lo. Jadi jangan kawatir kalau kamu tidak punya kendaraan jika menginap di hotel ini.Gimana? Keren banget kan Amais Hotel Pekanbaru ini. Kalau kalian ke Pekanbaru semoga tulisan saya ini bisa menambah referensi kalian dalam mencari tempat liburan selama di Pekanbaru dan memilih penginapannya ya.