INDAHNYA PULAU KELAPA DI TELUK KILUAN LAMPUNG - zackamega.com

Rabu, 16 Mei 2018

INDAHNYA PULAU KELAPA DI TELUK KILUAN LAMPUNG

Pulau Kelapa di Teluk Kiluan

Siang itu mengingat waktu perjalanan yang jauh dan keadaan jalan yang tidak berlampu. Tak berapa lama menikmati keindahan pantai karang gigi hiu saya dan teman teman memutuskan untuk melanjutkan perjalanan menuju Teluk Kiluan. Teluk Kiluan terletak di Pekon Kiluan Negeri, Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus, Lampung.

Perjalanan dari pantai karang gigi hiu menuju Teluk Kiluan menghabiskan waktu sekitar 45 menit menggunakan motor. Keadaan jalan dari kiluan ke pantai karang gigi hiu sedang diperbaiki. Tapi waktu itu masih bebeberpa kilometer saja.

Sekitar pukul 3 sore akhirnya saya dan teman teman sampai di Teluk Kiluan. Sesampainya di Teluk Kiluan kami memutuskan untuk langsung menyeberangi teluk menuju pulau Kelapa. 

Nyeberang ke Pulau Kelapa

Pulau Kelapa adalah salah satu pulau yang terdapat di Teluk Kiluan. Pulau seluas kurang lebih 5 hektar ini berjarak sekitar 3 kilometer dari bibir pantai Teluk Kiluan. Untuk sampai ke pulau ini kita hanya  membutuhkan waktu sekitar 10 menit dengan menggunakan perahu Jangkung.

Biaya untuk sampai ke Pulau Kelapa dari Teluk Kiluan adalah sebesar 20rb rupiah. Harga 20rb rupiah ini sudah termasuk pulang pergi Teluk Kiluan – Pulau Kelapa.

Pulau Kelapa di Teluk Kiluan

Sesampainya di pulau Kelapa kami menyewa satu buah pondok penginapan dengan biaya 300rb rupiah. Di dalam pondok sudah disiapkan 2 buah kasur tipis, kipas angin dan beberapa bantal. Untuk listrik, di pulau ini listrik hanya dihidupkan pada pukul enam sore sampai pukul sepuluh malam saja. Selebihnya tidak ada listrik. 

Penginapan di Pulau Kelapa
Suasana penginapan di Pulau Kelapa  

Biaya makan di pulau kelapa sebesar 20rb rupiah untuk sekali makan. Makanan yang disajikan lumayan enak dan masih segar banget.  Waktu itu makanan yang disajikan berupa nasi putih, ikan goreng, sayur, sambel dan juga kerupuk.

Di pulau kelapa penampakan sunset sangatlah menawan.  Kita bisa berenang sambil menikmati indahnya matahari terbenam. Ditambah lagi keadaan air lautnya sangatlah jernih. Membuat saya dan teman teman sangat betah berada di pulau ini. Untuk berenang di pulau ini ada beberapa tempat yang tidak di anjurkan untuk kita berenang. Karena keadaan arusnya yang deras dan gelombangnya yang besar. Jadi kalian harus berhati-hati ya kalau suatu saat berlibur ke pulau ini. Jangan malu bertanya dan taatilah peraturan yang ada.

Berenang dan menikmati sunset di Pulau Kelapa

Di pagi hari, selain menikmati panorama pulau Kelapa yang menawan atau pun snorkeling. Aktifitas yang bisa kita lakukan dan merupakan aktifitas  paling digemari di Teluk Kiluan adalah mengikuti paket tour menyaksikan lumba-lumba. Ada  dua jeni habitat lumba-lumba yang hidup di perairan Teluk Kiluan ini, yaitu lumba-lumba hidung botol dan lumba-lumba paruh panjang.  

Siap-siap mengikuti tour melihat lumba-lumba

Sayangnya, pagi itu kami agak kesiangan mencapai titik dimana tempat lumba-lumba hidung botol dan lumba-lumba paruh panjang yang biasanya berkeliaran. Alhasil kami hanya bisa melihatnya dari kejauhan saja. Ditambah lagi cuaca saat itu gelap dan seakan mau hujan. Tak lama di di atas perahu jongkong dan hanya menyaksikan lumba-lumba dari kejauh. Kami pun memutuskan kembali lagi ke pulau kelapa. 

Biaya satu kali paket tour melihat lumba-lumba di Teluk Kiluan adalah sebesar 100rb rupiah per orang. 



di atas kapal jangkung di Teluk Kiluan 

Buat kalian yang mau ke sini, di bawah ini ada Guide lampung yang bisa kalian hubungi.

Tour Guide Lampung

Vikar +62 821 8003 0203

32 komentar:

  1. Tergoda Snorkling di sana, jernih banget.Seru banget liburannya. Makasih infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. maen ke Teluk Kiluan kak. bagus tempatnya

      Hapus
  2. Mupeng dah aku kalo baca tulisan mengenai wisata diLampung...tak bisa didustakan...wisata nya indah2... Btw, sedih juga kalo listriknya cuma hidup 3 jam.... mati gayaa :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau naik gunung lebih parah lagi kak. gak ada listrik sama sekali. tapi bisa fun juga kok

      Hapus
  3. wah boleh nih dicoba ya. keceee tempatnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya caobalah kaka, maen ke Teluk Kiluan

      Hapus
  4. Sunsetnyaaa, ku suka banget. Terus air laut dipantai itu jernih ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuhu kakak, maen ke Teluk Kiluan donk kaka

      Hapus
  5. Ini nih Teluk Kilauan yang bikin ngebet pengin liburan kesana ...

    BalasHapus
  6. Aih jadi kangen tempat ini, next apa kita kesini lagi ajah yah berburu lumba2 lagi hahaha

    BalasHapus
  7. langsung googling penampakan lumba-lumba hidung botol dan lumba-lumba paruh panjang.
    penasaran !

    BalasHapus
    Balasan
    1. googling mbak googling. hehehehe

      Hapus
  8. hedeuuu.. air lautnya kece sekali.. total-total abis berapa untuk ke kiluan itu bang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemaren liburan di Lampung abis 2 jutaan mbak

      Hapus
  9. Gak pernah kepikiran sih buat jalan2 ke lampung, tapi setelah baca article ini jadi ada kepikiran buat jadikan lampung kedaftar tempat yg wajib dikunjungi, hehehe siapa tau ketemu hiu hidung botol

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak cit. Lampung keren kok

      Hapus
  10. Whuuaaa ada lumba2, bagus yaa. Aku juga suka foto2nya, Bang. Cakep..

    BalasHapus
  11. Cakep banget tempatnya ya... Tapi ngebayangin naik kapal jangkung serem. Apalagi kalau nggak bisa berenang.. hihihi..

    BalasHapus
  12. semenjak punya anak aktifitas laut sudah lama ditinggalkan, termasuk diving tapi selama dicing aku gak pernah nemu lumba-lumba hidung botol dan lumba-lumba paruh panjang, penasaran aku... googling ahhh hehhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya googlinglah mbak. hihihihi

      Hapus
  13. Oke fix wajib kesini.. foto2mu bikin aku mupeng

    BalasHapus
    Balasan
    1. maenlah ke Kiluan kak Chay. xixixixi

      Hapus
  14. Namanya unik... Ada banyak pohon kelapa ya? Walau nama pulau kelapa nampak Kali pulaunya indah Dan menawan ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. malah pohon kelapanya gak banyak.

      Hapus
  15. Penginapan Pulau Kelapanya asyik bangets.... sederhana dan dari kayu semua. BTW banyak nyamuk gak di sini Babang? Makannya juga murah ya hanya 20 ribu. Wisata yang tidak perlu menguras kantong, stidaknya di sini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada sih sikit sikit nyamuk, cuman kan di sana angin kencang. jadi gak begitu banyak nyamuk.

      Hapus
  16. duh ga jadi berfoto dengan lumba lumba donk di tempat hidupnya
    tapi setidaknya melihat dari jauh aja udah cukup senang ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya lumayanlah unni. walau gak bisa lihat dari dekat setidaknya bisa lihat dari jauh.ckckkckckc

      Hapus