PERJALANAN DARI BATAM MENUJU KE VIETNAM MELALUI KLIA MALAYSIA - zackamega.com

Jumat, 27 Juli 2018

PERJALANAN DARI BATAM MENUJU KE VIETNAM MELALUI KLIA MALAYSIA

Kuala Lumpur International Airport
Pagi ini saya bangun agak tergesa gesa. Wajar saja, jam dinding di kamar saya sudah menunjukan pukul 5 pagi. Sementara saya pukul 6.30 pagi harus berangkat ke Johor Baru Malaysia. Dari Johor Baru saya akan melanjutkan perjalanan menuju KL atau Kuala Lumpur. Dari Kuala Lumpur saya akan terbang menuju Vietnam.

Di Vietnam, kota pertama yang saya datangi adalah Ho Chi Minh City, salah satu Provinsi di negara tersebut. Ho Chi Minh City merupakan Kota terbesar di Vietnam. Kota Ho Chi Minh lebih besar dari ibu kota Vietnam itu sendiri, yaitu Hanoi.

Selesai mandi saya langsung menghubungi Taxi menggunakan aplikasi gocar sembil merapikan muatan barang bawaan di dalam tas. Sepertinya supir gocar kali ini belum begitu familiar dengan alamat rumah tempat saya tinggal. Sehingga ia harus beberapa kali menghubungi saya untuk mendapatkan informasi yang lebih jelas. Semetara saya, harus secepatnya sampai ke Pelabuhan International Batam Center untuk memulai perjalanan pertama saya menuju Vietnam.

Pelabuhan International Batam Center

Sampai di Pelabuhan Internatonal Batam Center waktu sudah menunjukkan pukul  6.15 Menit pagi. Untung saja saya dan teman saya  sudah melakukan check in pejalanan Batam-Johor terlebih dahulu siang kemarin. Sehingga kami sudah tidak perlu lagi melakukan check in pagi ini.

Keadaan Pelabuhan International Batam Center pagi ini lumayan padat. Kami harus antri panjang karena berbarengan dengan penumpang lainnya yang akan berangkat ke Singapura.  Gak lama antri, saya melihat salah seorang teman dari komunitas Blogger Kepri yang sedang antri. Syafik Hidayat Taplin namanya, biasanya saya cukup memanggil dengan panggilan Taplin saja. Ternyata Taplin ini akan pergi ke Singapura pagi ini. Seolah Dewi fortuna turun di pagi hari, kami bergegas memotong antrian sambil berkata " kami sedang menuju teman yang sudah terlebih awal antri di depan sana sambil berdialog jauh dengan Taplin -____- "

Dengan adanya Taplin di ruang antrian, akhirnya saya dan teman saya tepat waktu masuk kedalam kapal menuju Johor Baru. Kapal berangkat pukul 6.43 menit waktu Batam.

Foto bareng Taplin Sebelum Berangkat

Sampai Di Johor Baru

Perjalanan berlanjut setelah saya sampai di Johor Baru. Dari pelabuhan Setulang Laut Johor Baru, perjalanan saya lanjutkan menuju Stasiun Larkin Johor Baru. Sampai di Stasiun Larkin pukul 10.45 Menit Waktu Malaysia. Kami mulai mencari tiket Bus menuju Kuala Lumpur di outlet outlet yang ada di Stasiun Larkin Johor Baru. Banyak sekali calo tiket yang berjaga di stasiun sini. Jadi buat kalian yang akan membeli tiket di Stasiun Larkin harus berhati-hati ya. Usahakan cari tiket yang tersedia di setiap outlet outlet yang ada terlebih dahulu.

Singkat cerita, Kami mendapat tiket bus Johor Baru ke Kuala Lumpur pukul 11.15 siang waktu Malaysia seharga 34 Ringgit. Bus berangkat menuju Kuala Lumpur pukul 11.22 Menit. Perjalanan kali ini menuju Kuala lumpur sedikit lambat. Mungkin karna kami berangkat disiang hari, sehingga jalur jalan raya sedikit ramai. Belum lagi Bus berhenti di beberapa tempat sebelum sampai di Kuala Lumpur.

Stasiun Larkin Johor Baru

Sampai Di Kuala Lumpur

Kami sampai di Kuala Lumpur pukul 18.15 Menit waktu Malaysia. Kami harus bergegas mencari Taxi untuk sampai ke KLIA atau Kuala Lumpur International Airport. Mengingat pesawat Kami dari KLIA menuju Ho Chi Minh City Pukul 8 malam. Belum lagi proses antri dan Check in oleh petugas yang kadang banyak bertanya karena kita akan keluar mereka dan akan pergi ke negara lain.

Menuju KLIA Ekspres
Berjalan beberapa meter dari Terminal Bersepadu Selatan atau TBS. Saya sempatkan bertanya kepada seorang yang sedang beristirahat mengenai Taxi yang bisa mengantarkan kami ke KLIA. Ternayata saya bertanya dengan orang yang tepat.Beliau menyarankan kami untuk menaiki KLIA Exspres saja agar sampai ke KLIA dengan cepat seharga 35 ringgit Malaysia dan mengantarkan saya ke Loket pembayarannya langsung. Wah tampat fikir panjang kami mengucapkan terima kasih dan langsung membeli tiket dan langsung berjalan menuju ruang tunggu untuk segera berangkat menuju KLIA degan menggunakan KLIA Ekspres.

Berada di dalam KLIA Expres
Sesampainya di KLIA

Sesampainya ke KLIA kami bergegas menuju loket Check in Vietnam Airline. Benar saya, petugas Check in Vietnam Airlines malah meminta visa seolah tidak tahu kalau berkunjung ke semua negara ASEAN untuk paspor Indonesia  atau paspor negara ASEAN lainya sudah tidak mengunakan Visa termasuk ke Vietnam. Setelah berdialog dengan teman saya dan menujukan semua tiket yang kami miliki. Petugas baru memproses dan sedikit bergurau lucu seolah tak mengerti dan seolah menarik perhatian kami kembali.

Kuala Lumpur International Airport
Selesai semua proses Check in, Cop Paspor, pemeriksaan barang bawaan, akhirnya kami berangkat ke Vietnam tepat waktu pukul 8.00 PM waktu Malaysia.

Note :
Waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke KLIA dari Batam cukup menguras waktu diperjalanan. Sehingga saya menyarankan buat kalian yang akan berangkat  kemanapun melalui KLIA dari Batam. Untuk benar benar membuat perhitungan waktu yang tepat. Sehingga tidak ketinggalan Penerbangan dan sampai ke KLIA dengan tepat waktu.

16 komentar:

1. PERJALANAN DARI BATAM MENUJU KE VIETNAM MELALUI KLIA MALAYSIA

BalasHapus
  2. haha seru banget perjalanannya, wah ia nih di TBS Terminal sekrang ada KLIA Expres jadi 15 menit aja dah bisa sampai ke Bandara keren nih, ditunggu kelanjutan ceritanya nih

3. Nice info bang. Bisa banget itu ngatur waktunya. was was deh kalo telat, tapi thanks sarannya, jadi kalo mau ikut jalur ini mesti prepare waktu

4. Hindari perjalanan siang dari Larkin ke KL..karena memang lambat sampainya.. ngeri ngeri sedap kalo gegara waktu jadi ketinggalan... Btw, ucapan terimakasih pertama utk taplin ya..Krn dia penolong dari awal😊

5. Seru ni perjalanan nya. Yukk kapan kita barengan ramai2

6. Aduh deg-degan akutu bacanya takut ketinggalan pesawat. Harus dipertimbangkan banget yah waktunya biar ga nangis kejer ketinggalan pesawat. Keren bang informasinya. Btw ada sedikit typo di paragraf ke lima eheh :)

7. Berasa lari-lari lohh, kalo udah berkaitan dengan waktu. Ya syukur kaga ditinggal peawat loh, itu ��

BalasHapus
  8. Paling serem kalo ambil ferry pagi plus lagi padat penumpangnya. Dijamin adrenalin naik.

9. KLIA Express ini memang membantu banget bagi kita yang mepet jadwal berangkat via KLIA. Berangkat ke Jepang, dari kawasan The Saffront Sentul di Selangor, naik Commuter ke KL Central, saya juga naik KLIA Express. Cuma butuh 25-30 menit sampai. Jadi nggak perlu khawatir ketinggalan pesawat.

10. tapi ini nggak pake drama ketinggalan pesawat karena keasikan ngopi kaya gua dan rina

BalasHapus
  11. Wow, perjalanan panjang dan berliku. Dengan beragam moda transportasi. Begini nih namanya traveler.

12. wakakakakak .. dewa penyelamat si oom taplin

langsung aku kasih salam tempel, isi nya tulisan terima kasih ya om

anda menyelamatkan kami

aw aw aw

BalasHapus
  13. Wah gak kebayang lelah na seperti apa... Namun untung tepat waktu.. semangat ya, perjuang weekend.. ditunggu kisah selanjutnya

14. Bagi orang yang suka traveling, perjalanan panjang demi menuju tempat impian kayaknya tetap terasa nikmat ya. Karena di tiap perjalanan ada tantangan. Tapi emak-emak kayak saya pengennya pejam mata udah sampai tempatnya tanpa ada kerempongan. Hihihi...

15. Seru perlananannya, hal kaya gini nih yang selalu dirindukan beberapa tahun akan datang. Kalo mulus-mulus aja jarang dikenang. Ku jadi kangen deh jalan kayak gini.